Jumat, 16 Nov 2018, 22:35:53 WIB, 213 View Eko Istianto, Kategori : Peternakan

Sekjen Kemendag Karyanto Suprih. Medcom/Ilham Wibowo.

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengupayakan harga kebutuhan pokok stabil jelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Volume pasokan barang di tiap daerah bakal terus dipantau.

Sekjen Kemendag Karyanto Suprih mengatakan koordinasi telah dilakukan dengan dinas perdagangan di seluruh Indonesia untuk lebih intens mengecek harga dan ketersediaan bahan pokok. Lokasi yang menjadi prioritas terutama di pasar tradisional setiap daerah.

"Hari Minggu kemarin langsung dipimpin Pak Menteri (Enggartiasto Lukita) melakukan koordinasi di Batam dalam rangka memetakan situasi harga dan pasokan, jadi dinas perdagangan punya kewajiban memberikan laporan," ujar Karyanto ditemui di Artotel, Jakarta, Selasa, 13 November 2018. 

Langkah ini rutin dilakukan dua tahun terakhir khususnya jelang hari keagamaan maupun momentum perayaan berskala nasional. Mekanisme substitusi dilakukan saat kelangkaan bahan pokok terjadi di sebuah daerah.  

"Kami akan survei, pasokan di daerah mana yang cukup akan geser ke tempat yang kurang, sehingga kalau ada pasokan cukup tidak ada lagi alasan harga barang naik," ungkapnya.

Operasi harga bahan pokok ini juga melibatkan ratusan pegawai Kemendag yang disebar ke sejumlah lokasi potensial. Karyanto telah memberi mandat kepada jajarannya untuk fokus menjaga pasokan barang dan stabilitas harga.

"Ada 200 orang lebih diterjunkan ke daerah cek harga barang di pasar, kalau ada yang kurang pejabat tersebut harus langsung memasok," tuturnya.

Karyanto memastikan pasokan dan harga komoditas bakal langsung ditangani saat terjadi perubahan yang dikeluhkan masyarakat. Nilai inflasi pun bakal terus dijaga lanataran menjadi indikator kenaikan harga bahan pokok tersebut.

"Tahun baru (perayaan) dan Natal ini menjadi konsen kami, semuanya pegawai termasuk eselon satu menjadi koordinator wilayah dan dibantu staf lain menjaga pasokan. Eselon satu ini diturunkan untuk bisa langsung ambil keputusan dimana barang akan didrop," tandasnya.




Produk Tepung Roti, Beras, Ketan, Sagu Produk Sohun dan Bihun Produk Saous dan Cabe Giling Produk Makaroni Produk Kerupuk Produk Hasil Bumi Produk Gula Produk Aneka Sambel dan Garam Produk Minyak Goreng Produk Terlaris Produk Paket Produk Susu hasil bumi Kamis, 22 Nov 2018, 00:54:20 WIB Penjualan Paket Sembako Murah Sarinah Diserbu Warga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan paket sembako murah yang berlangsung di komplek PT Sarinah (Persero), Jakarta Pusat, Jumat )24/6) diserbu warga...


Jumat, 16 Nov 2018, 22:35:53 WIB Strategi Kemendag Tekan Harga Sembako Jelang Natal dan Tahun Baru

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengupayakan harga kebutuhan pokok stabil jelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Volume...