usia Widhi Pratiwi, Jurnalis ยท Minggu 14 Januari 2018 18:27 WIB

Jumat, 16 Nov 2018, 22:46:23 WIB, 147 View Eko Istianto, Kategori : Peternakan

Foto: Lusi/Okezone

JAKARTA – Sembako adalah kebutuhan yang paling krusial dalam masyarakat. Semua orang setiap harinya pasti mencari sembako untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari. Dengan kata lain membuka usaha sembako sangat menguntungkan karena banyak dicari oleh konsumen.

Begitu pula yang dilakukan Agung Prasetyo, seorang pedagang sembako di Pasar Induk Kramat Jati. Dirinya mengaku memang sudah ingin membuka usahanya sendiri, hingga akhirnya memutuskan untuk membuka usaha sembako.

Sejak tahun 1992, Agung sudah membuka usaha tersebut dengan modal Rp500 juta miliknya, akhirnya dia berhasil membuka usaha sembakonya sendiri. Menurutnya yang paling penting adalah niat untuk menjalankan usaha itu sendiri. Selain itu, dirinya memang sejak lama sudah ingin membuka usahanya sendiri.

"Modal awal untuk membuka toko sembako yang cukup besar Rp500 juta dengan berbagai jenis sembako, mulai dari beras, gula, garam, minyak, bumbu penyedap, dan berbagai jenis sembako lainnya," kata Agung kepada Okezone.

Agung mengaku untuk pendapatannya sehari-hari dirinya bisa mendapatkan Rp3 juta. Jika, dihitung dalam per bulan, dirinya bisa meraup untung hingga Rp90 juta. Selain itu, dia memiliki biaya pengeluaran Rp50 juta per bulan, jumlah itu cukup untuk membayar listrik, membayar gaji karyawan dan membeli kembali barang-barang yang telah habis selama satu bulan tersebut.

Hal yang membuat dirinya semakin semangat melanjutkan usaha ini karena menurutnya tokonya tersebut ramai pembeli. Namun, dibalik itu dia juga merasakan susahnya menjadi pedagang.

"Hal yang paling membuat sedih adalah ketika Lebaran dan Tahun Baru tiba, hanya sedikit pembeli yang datang ke toko walaupun harga sembako  tidak naik," bebernya.

Dia juga memiliki target untuk ke depannya. Dirinya berencana untuk memperbesar tokonya menjadi seperti Lotte. Lebih besar dari took sekarang yang dirinya miliki. Selain itu, dia juga memberikan tips untuk mengecilkan biaya hidup jika memang memiliki niat yang kuat untuk memiliki usaha sendiri.

 




Produk Tepung Roti, Beras, Ketan, Sagu Produk Sohun dan Bihun Produk Saous dan Cabe Giling Produk Makaroni Produk Kerupuk Produk Hasil Bumi Produk Gula Produk Aneka Sambel dan Garam Produk Minyak Goreng Produk Terlaris Produk Paket Produk Susu hasil bumi Kamis, 22 Nov 2018, 00:54:20 WIB Penjualan Paket Sembako Murah Sarinah Diserbu Warga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan paket sembako murah yang berlangsung di komplek PT Sarinah (Persero), Jakarta Pusat, Jumat )24/6) diserbu warga...


Jumat, 16 Nov 2018, 22:35:53 WIB Strategi Kemendag Tekan Harga Sembako Jelang Natal dan Tahun Baru

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengupayakan harga kebutuhan pokok stabil jelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Volume...